Perawatan Kacer Dimusim Hujan

Semua jenis burung termasuk Kacer memang memerlukan panas matahari untuk membantu metabolisme tubuhnya. Agar tetap fit, Kacer harus mendapat sinar matahari yang cukup semoga suhu tubuhnya tetap ideal.

Tapi tentu dinegara kita yang mempunyai dua iklim, panas matahari tidak sanggup didapatkan sepanjang tahun, apalagi untuk kini ini dengan cuaca yang tidak menentu sebentar hujan sebentar panas tentunya perawatan Kacer menjadi tidak maksimal terutama dalam hal penjemuran.

Padahal, semoga Kacer mempunyai performa yang maksimal suhu tubuhnya harus berada pada tingkat yang ideal lantaran itu yaitu kunci utama bermain Kacer, yaitu mengontrol suhu tubuhnya semoga tetap pada tingkat ideal, dan tentu saja semua itu hanya sanggup didapatkan dari penjemuran yang cukup.

Pada ketika ekspresi dominan pancaroba tentu hal itu sulit dilakukan lantaran tidak setiap hari matahari bersinar, apalagi untuk kita yang mempunyai aktifitas diluar rumah tentu lebih sulit lagi lantaran pada ketika matahari bersinar kita belum tentu ada dirumah.

Untuk menyiasati semoga Kacer kesayangan kita tetap fit dimusim hujan, ada beberapa tips perawatan yang sanggup kita terapkan selama ekspresi dominan hujan, diantaranya:

Pakan
• Gunakan voer yang terdapat adonan madu dan telur untuk membantu menghangatkan badan Kacer. Ganti voer dua hari sekali semoga tidak berjamur, lantaran udara yang lembab mempercepat tumbuhnya jamur pada voer.

Air minum juga diganti setiap hari, untuk sore hari berikan seduhan air jahe yang dicampur madu untuk menghangatkan badan Kacer.

• Berikan ekstra fooding (EF) jangkrik cukup 5/5 pagi/sore. Berikan jahe pada jangkrik sebelum dikonsumsi Kacer untuk menghangatkan tubuhnya.

Tambahkan ulat hongkong (UH) 5-10 ekor pagi/sore. Berikan voer ayam atau voer babi sebagai makanan ulat hongkong (UH). Agar lebih hangat dan berprotein jikalau dikonsumsi Kacer.

Mandi
Kalau intensitas hujannya sering, Kacer tidak perlu dimandikan lantaran suhu tubuhnya akan semakin ngedrop lantaran tidak ada panas.

Kerodong
Pada ketika ekspresi dominan hujan, sebaiknya full kerodong saja untuk melindungi Kacer dari cuaca dingin. Buka kerodong hanya pada pagi dan sore hari untuk menawarkan pakan dan minum serta membersihkan kandangnya. Cuci kerodong seminggu sekali semoga steril, lantaran udara yang lembab dimusim hujan akan mempercepat tumbuhnya jamur dan benalu pada kerodong.

Kebersihan
Kandang harus selalu dibersihkan setiap hari semoga Kacer terhindar dari serangan virus dan penyakit, lantaran virus dan penyakit lebih cepat berkembang dimusim pancaroba.

Jemur
Usahakan sebisa mungkin untuk menjemur Kacer jikalau ada matahari walaupun sebentar semoga suhu tubuhnya tidak terlalu ngedrop.
Taruh dibawah atap asbes/seng/kanopi semoga jikalau matahari muncul, Kacer tetap mendapat panas.

Umbar
Umbar Kacer seminggu sekali jikalau cuaca cerah semoga fisiknya tetap fit, dengan diumbar burung jadi lebih banyak bergerak untuk memperabukan kalori, sehingga tidak terjadi penumpukan lemak pada badan Kacer yang disebabkan lantaran Kacer kurangnya aktifitas dan lebih banyak membisu dan istirahat.

Baca juga:
Manfaat sangkar umbaran/polier untuk burung lomba

Demikian sedikit info perihal perawatan Kacer dimusim hujan. Untuk info lain seputar Kacer sanggup dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Kacer poci

0 Response to "Perawatan Kacer Dimusim Hujan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel