Cara Melatih Burung Beo Semoga Dapat Bicara

Jika kita memelihara burung Beo, tentunya yang paling di inginkan yakni biar Beo peliharaan kita tersebut dapat bicara menirukan perkataan Manusia.

Syarat utama untuk melatih Beo bicara yakni ketika burung Beo masih berusia muda, yang ditandai dengan kulit yang menggelambir pada bab kepalanya masih terlihat pendek. Akan lebih anggun lagi jikalau kita memelihara Beo yang masih anakan/dari lolohan, alasannya selain lebih gampang jinak, juga lebih gampang di ajari dengan kata-kata sesuai impian kita.

Sedangkan jikalau kita melihara Beo tangkapan hutan yang sudah dewasa, maka akan sulit untuk melatihnya bicara alasannya Beo tersebut sudah mempunyai bunyi hutan yang sudah terekam permanen di memorinya. Selain itu juga perlu waktu yang cukup usang biar Beo remaja tangkapan hutan tersebut dapat benar-benar jinak.

Untuk melatih Beo bicara, harus dengan kasih sayang dan konsistensi. Dan beberapa tips berikut semoga dapat membantu untuk melatih burung Beo peliharaan kita biar dapat menirukan kata-kata Manusia.

Cara yang efektif untuk melatih Beo bicara:

Berikan Beo perhatian dan kasih sayang, sehingga Beo akan merasa nyaman dan akan lebih gampang dalam mempelajari kata-kata yang kita ajarkan. Sama ibarat ketika kita melatih anak kecil untuk berguru berbicara, melatih Beo juga memerlukan kesabaran dan kasih sayang.

Untuk melatih Beo bicara sebaiknya dilakukan secara bertahap, tidak perlu terburu-buru dengan mengajarkan banyak kata pada burung Beo yang justru akan menciptakan memori dari burung Beo tersebut menjadi kacau.

Melatih Beo bicara harus dilakukan secara perlahan tapi konsisten. Ajarkan satu kata dulu secara konsisten hingga Beo tersebut hafal dan fasih gres di ajarkan dengan kata-kata yang lain.

Sebelum Beo benar-benar pandai bicara, sebaiknya jangan diajak bercanda dulu, misalnya: menyodorkan makanan tapi tidak jadi diberikan, hal itu akan menciptakan Beo kecewa dan dapat membuyarkan kata-kata yang masih dipelajari.

Sebaiknya Beo dijauhkan dari lingkungan yang dapat menjadikan Beo tersebut mendengar dan merekam kata-kata kotor atau jorok.

Tempatkan Beo pada satu daerah saja, jangan sering di pindah-pindah alasannya hal ini akan menjadikan memori dalam otak Beo menjadi kacau sehingga akan kesulitan untuk menirukan ucapan/kata-kata kita.

Jika memungkinkan, sebaiknya jadwal untuk melatih Beo bicara jangan di ubah-ubah waktunya. Jika biasanya dilatih bicara setiap pagi hari, sebaiknya lakukan secara konsisten setiap pagi hari, jangan dirubah menjadi siang atau sore hari.

Ketika kita melatih Beo dengan mengucapkan satu kata tertentu, maka harus diberikan teladan dengan tindakan atau perlakuan tertentu yang harus sama setiap kita mengajarkan kata-kata tersebut. Misalnya: kita mengucapkan kata "MINUM" maka srbaiknya ketika kita mengucapkan kata "MINUM" tersebut sambil memegang gelas, biar nantinya setiap kali Beo tersebut melihat orang membawa gelas, akan mengucapkan kata "MINUM". Untuk besoknya juga harus melaksanakan hal yang sama ketika kita mengajarkan kata "MINUM", yaitu dengan memegang gelas, jangan memegang benda lainnya.

Jangan mengajarkan Beo untuk menirukan beberapa kata sekaligus alasannya Beo justru dapat menjadi stres dan tidak dapat menirukan satu katapun yang kita ajarkan.

Beo tetaplah hewan yang hanya mempunyai kapasitas memori terbatas, tidak semua kata-kata yang kita ajarkan akan dapat ditirukannya. Agar lebih efektif, sebaiknya Beo dilatih pelan-pelan, satu kata demi satu kata saja.

Ketika Beo sudah dapat bersuara ibarat yang yang kita ajarkan, sebaiknya Beo terus di ingatkan dengan kata-kata yang sudah kita ajarkan biar Beo tidak lupa dengan kata-kata tersebut.

Agar lebih cepat hafal dan ingat dengan ucapan/kata-kata yang kita ajarkan, sebaiknya Beo jangan ditempatkan bersama burung-burung jenis lain, terutama burung kicauan alasannya nantinya Beo justru akan menggandakan bunyi burung-burung kicauan tersebut dan tidak akan menghafal kata-kata yang kita ajarkan.

Beberapa metode untuk mengajarkan Beo bicara:

• Menggunakan Mp3 player

Untuk mengajarkan Beo bicara, kita dapat memakai bunyi Mp3 Beo lain yang sudah pandai bicara dengan cara diperdengarkannya ditempat yang tenang/sepi secara konsisten hingga Beo peliharaan kita fasih menirukan bunyi Mp3 tersebut.

• Menggunakan Beo lain sebagai guru vokal

Cara ini cukup efektif alasannya Beo yang kita ajarkan untuk bicara tersebut dapat mendengar bunyi Beo lain yang menjadi guru vokalnya setiap hari secara konsisten dan alami, jadi Beo yang kita ajarkan untuk bicara tersebut akan lebih cepat untuk menirukan bunyi dari Beo lain yang sudah pandai bicara.

• Menempatkan Beo pada daerah tertentu

Kita dapat mengajarkan Beo untuk bicara dengan cara menempatkan beo di ruangan yang sering dipakai untuk ngobrol, contohnya diruang tamu. Dengan begitu, setiap kali ada tamu yang tiba dan mengucapkan salam, Beo tersebut lama-kelamaan akan hafal dan terbiasa dengan kata-kata yang sering di ucapkan oleh tamu yang tiba kerumah kita.

• Dengan cara mengajarkan kata-kata secara langsung.

Seperti yang sudah dibahas di atas, kita dapat mengajari Beo untuk bicara dengan cara melatihnya sendiri. Keuntungan dari cara ini, Beo dapat kita ajarkan dengan kata-kata sesuai impian kita, tapi memang akan banyak menyita waktu kita.

Baca juga:

Tips menjinakkan dan melatih burung Nuri biar dapat bicara

Perawatan burung Hwamey/Wambi biar rajin bunyi

Perawatan burung Kepodang biar cepat gacor

Ciri -ciri perbedaan Jalak Suren Jawa, Jalak Suren Kalimantan dan Jalak Suren Malaysia

Demikian sedikit info wacana cara melatih burung Beo biar dapat bicara. Untuk info lain seputar burung Beo dapat dibaca pada artikel On Kicau yang lain

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Burung Beo

0 Response to "Cara Melatih Burung Beo Semoga Dapat Bicara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel