Perawatan Khusus Untuk Murai Watu (Mb) Petarung

Perawatan untuk Murai Batu (MB) lapangan terang berbeda dengan perawatan Murai Batu rumahan. Pasalnya, Murai Batu lapangan dituntut harus mempunyai stamina dan mental yang tangguh biar sanggup bertanding dengan Murai-Murai terbaik lainnya di arena lomba.

Agar jiwa petarungnya menjadi semakin kuat, maka Murai Batu (MB) wajib diberikan perawatan yang terbaik, dan perawatan khusus tersebut kadang sanggup dikatakan ekstrim jikalau dibandingkan dengan perawatan Murai Batu rumahan.

Perawatan khusus untuk Murai Batu (MB) petarung tersebut harus dilakukan secara detail dan konsisten, antara lain:

• Pengembunan
• Mandi
• Jemur
• Pakan dan Ekstra fooding (EF)
• Pengerodongan
• Umbaran
• Untulan
• Pemasteran

Semua tahapan perawatan tersebut harus dilakukan secara konsisten biar Murai Batu (MB) menjadi semakin tangguh dan bringas ketika bertarung digantangan tanpa mengatakan sikap negatif menyerupai Ngelowo/Ngebatman, Ngetem, Ngeruji, dan perilaku-perilaku bandel lainnya ketika dilapangan.

Berikut ini ialah tahapan perawatan ekstrim khusus untuk Murai Batu (MB) petarung/fighter tinggi:

• Pengembunan

Lakukan pengembunan setiap pagi kalau kondisi cuaca cerah biar Murai Batu (MB) sanggup menghirup udara segar pagi hari dan menikmati suasana pagi hari yang merupakan suasan favorit bagi burung-burung di alam bebas untuk berkicau. Selain itu, udara segar pagi hari juga sanggup menciptakan emosi Murai Batu menjadi lebih stabil.

• Mandi

Mandikan Murai Batu (MB) setiap hari ketika Matahari sudah mulai bersinar. Mandi akan menciptakan Murai Batu merasa segar dan nyaman sehingga secara naluri akan menjadi lebih rajin berkicau untuk menarik perhatian lawan jenisnya, selain itu mandi juga bermanfaat untuk meredam emosi Murai Batu yang terlalu tinggi.

Dan jikalau emosi Murai Batu (MB) terlalu over dan menjadi galak/agresif, maka sanggup dimandikan 2x dalam sehari untuk mendinginkan suhu tubuhnya, sehingga emosinya menjadi lebih stabil.

• Jemur

Penjemuran sangat bermanfaat untuk Murai Batu (MB), selain untuk menjaga kesehatan burung, penjemuran juga bermanfaat untuk melatih stamina dan nafas Murai Batu biar lebih tahan banting ketika bertanding dilapangan.

Jemur Murai Batu (MB) hingga terlihat mangap dan gelisah. Pada ketika dijemur, pakan dan air minumnya sebaiknya di ambil untuk melatih ketahanan fisik dari Murai Batu terhadap cuaca panas dan rasa lapar. Selain itu juga biar lendir-lendir ditenggorokan Murai Batu sanggup keluar.

• Pakan dan Ekstra fooding (EF)

Untuk settingan harian berikan full Ekstra fooding (EF) atau pakan alami biar hampir sama dengan kehidupan dihabitat aslinya, tapi pilih jenis Ekstra fooding (EF) yang mengandung protein tinggi tapi yang tidak berpotensi menaikkan suhu badan Murai Batu (MB) yang terlalu drastis.

Berikan pakan alami menyerupai jangkrik alam, belalang, ulat daun pisang dan kroto dalam jumlah yang cukup biar Murai Batu (MB) tidak perlu lagi mengkonsumsi voer.

Tapi biar lebih gampang dan tidak repot, berikan saja jangkrik alam sekenyangnya untuk settingan hariannya, dan juga kroto segar yang sanggup diberikan 3x dalam seminggu untuk mendongkrak birahinya, sedangkan ulat daun pisang atau ulat bumbung sanggup diberikan seminggu sekali untuk meredam emosinya alasannya ialah pada badan kedua jenis ulat tersebut mengandung banyak air sehingga sifatnya mendinginkan.

Voer sanggup tetap disediakan dalam cepuk hanya untuk antisipasi kalau Murai Batu (MB) masih merasa lapar, alasannya ialah biasanya kalau Murai Batu diberikan pakan full Ekstra fooding (EF) setiap harinya, maka tidak akan mau mengkonsumsi voer lagi.

Pilih voer dengan kandungan protein yang tinggi dan usahakan untuk memakai voer dengan warna yang netral dan tidak mencolok. Karena voer dengan warna cerah/mencolok, kemungkinan besar memakai pewarna kimia yang akan berakibat negatif jikalau dikonsumsi Murai Batu (MB) dalam jangka panjang.

• Pengerodongan

Agar abjad fighternya tetap terjaga, maka Murai Batu (MB) harus banyak dikerodong setiap harinya (full kerodong) untuk menjaga suhu badan dan emosinya biar tetap berada pada level yang ideal.

Selain bermanfaat untuk menjaga mental fighter dan emosi Murai Batu (MB), Pengerodongan juga bertujuan biar Murai Batu lebih banyak istirahat untuk menyimpan tenaga dan tidak membuang-buang tenaga untuk berkicau dirumah.

Dari segi keamanan, kerodong juga berfungsi untuk melindungi Murai Batu (MB) dari cuaca cuek dan biar tidak memakan serangga-serangga beracun yang sering mengerubungi lampu pada malam hari.

• Umbaran

Umbar Murai Batu (MB) seminggu 3x untuk melatih otot-otot tubuhnya biar lebih berpengaruh dan juga biar staminanya semakin prima. Umbaran juga bermanfaat untuk mengurangi stres pada Murai Batu alasannya ialah setiap hari terkurung didalam sangkar yang sempit yang ditutup kerodong.

Terapi umbaran juga sanggup menurunkan emosi dan birahi Murai Batu (MB) yang terlalu berlebihan. Tapi ketika akan dilombakan, stop Pengumbaran pada H-4 sebelum lomba, setiap hari full kerodong sehabis dilakukan perawatan harian menyerupai Pengembunan, Mandi dan Jemur.

• Untulan

Pada ketika di umbar, masukkan burung-burung kecil sebagai untulan biar Murai Batu (MB) mengejar dan menghajar burung untulan tersebut untuk melampiaskan emosinya. Terapi ini memang tergolong ekstrim dan sadis, tapi sangat efektif untuk mendongkrak mental fighter dari Murai Batu.

Dengan diberikan burung untulan untuk dihajar, maka Murai Batu (MB) akan menjadi petarung sejati yang bringas alasannya ialah merasa lebih lebih banyak didominasi dan selalu menang dari burung-burung lainnya.

• Pemasteran

Murai Batu (MB) lapangan harus mempunyai bahan isian yang akan terdengar lebih banyak didominasi ketika digantangan. Maka dari itu, Murai Batu lapangan wajib di master dengan burung-burung masteran menyerupai Ciri-ciri Murai Batu (MB) bermental petarung

Mengenal kelebihan Murai Batu ekor hitam (Black tail)

Manfaat terapi sauna untuk mendongkrak mental fighter Cendet/Pentet

Penanganan yang sempurna untuk Cucak Ijo (CI) macet bunyi

Demikian sedikit isu ihwal perawatan khusus untuk Murai Batu (MB) petarung. Untuk isu lain seputar Murai Batu (MB) sanggup dibaca pada artikel On Kicau yang lain.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Murai Batu (MB)

0 Response to "Perawatan Khusus Untuk Murai Watu (Mb) Petarung"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel